Profil

Idiom ‘i-reformbumn‘ adalah singkatan dari Institut untuk Reformasi Badan Usaha Milik Negara. Juga, i-reformbumn bisa bermakna keinginan kuat dari ‘i‘ (baca; saya sebagai orang Indonesia) untuk menjadi salah satu aktor yang mendorong perbaikan (reform) tata-kelola (governance) perusahaan-perusahaan milik negara, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berjenis Perseroan Terbatas –tertutup dan terbuka (tbk), maupun Perusahaan Umum, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah dan badan-badan usaha lainnya yang didanai dengan uang masyarakat.

i-reformbumn adalah lembaga independen yang kegiatannya mencakup melakukan penelitian (research), menyelenggarakan seminar, diskusi, workshop dan sejenisnya, menerbitkan jurnal ilmiah, majalah bulletin dan semacamnya, memberikan konsultasi baik kepada perusahaan maupun kepada pemerintah, dan memberikan masukan (submission) kepada pemerintah baik diminta maupun tidak diminta tentang. Semua kegiatan itu berhubungan dengan governance perusahaan-perusahaan milik negara. Independen maksudnya, i-reformbumn tidak berafiliasi kepada salah satu universitas, partai politik dan kelompok-kelompok lainnya.

Lembaga ini didirikan dan mulai diperkenalkan kepada publik akhir tahun 2012 (31 Desember 2012) dalam rangka menyiarkan informasi dan pikiran-pikiran baru dan kritis demi kemajuan perusahaan-perusahaan milik negara. Terminologi milik negara bermakna milik masyarakat Indonesia secara keseluruhan, untuk membedakannya dengan konsep milik pemerintah.

Kehadiran i-reformbumn ini berangkat dari konsep kewajiban negara dan/atau pemerintahan bersikap dan bertindak arif dan bijaksana dalam derap perekonomian sebagaimana yang termaktub jelas di dalam Pasal 33 Undang Undang Dasar 1945. Pemerintahan yang arif dan bijaksana adalah pemerintah yang tahu akan dahan yang akan menghimpit dan ranting yang akan mencucuk. Tidaklah haram bagi pemerintah untuk ikut serta memainkan perannya yang bijaksana dalam bidang perekonomian sepanjang dibutuhkan.

Keberadaan perusahaan-perusahaan milik negara amat sering dikritik sebagai titik lemah konsep keterlibatan negara dan/atau pemerintahan dalam mengurus bisnis. Kritikan ini bukan tidak beralasan, di masa lalu banyak benar perusahaan-perusahaan milik negara yang dijadikan sapi perahan oleh pemerintah dan partai politik yang berkuasa.

Dalam aktifitasnya i-reformbumn berusaha menyumbangkan berbagai corak menyumbangkan pikiran-pikiran segar dan kritis bagaimana pemerintahan yang arif dan bijaksana dalam bidang perekonomian melalui operasional perusahaan milik negara tidak disalahgunakan oleh para pencari keuntungan (rent seekers) tak patut itu.

Para pendiri, ahli dan peneliti i-reformbumn memiliki latar belakang akademik yang berbeda-beda, yakni hukum, ekonomi, manajemen, dan politik. Oleh karena itu, bahasan dan keluaran i-reformbumn juga akan lebih variatif (lengkap).

Mudah-mudahan kehadiran i-reformbumn menjadi sekrup kecil dan teman baik bagi pengidam perubahan sejati di negeri ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s